KENAPA KULIAH DI JURUSAN SASTRA RUSIA???

Hi everybody!!! Привет Всем!!!

Pagi ini, Senin ke empat di 2017, aku kepikiran buat nulis tentang jurusan waktu kuliah di UI. Sebenernya udah lama banget pengen nulis "kenapa milih Sastra Rusia buat dipelajarin selama empat tahun" (bahkan pada kenyataannya 4.5 tahun lol), cuma karna emang dasarnya males nulis, akhirnya niat itu tertunda dan tertunda sampai akhirnya baru direalisasikan setelah dua tahun lulus kuliah hoho.

Oke langsung aja, semua ini berawal ketika Rany duduk di bangku SMA kelas XII di sebuah sekolah negri di kota Bukittinggi (Sumatra Barat). Awalnya sih waktu itu belum begitu ada intensi buat kuliah di UI, cuma emang saat itu kepengen banget lanjutin kuliah di Univ Negri di Jakarta/Bandung. Nah, kebetulan menjelang ujian akhir, sering banget kedatangan alumni-alumni yang kuliah di UI maupun kampus lain di pulau Jawa yang mempromosikan kampus ataupun jurusan kuliah mereka. Sampai akhirnya, mulai lah tertarik buat masuk UI karna terkesima dengan kampusnya yang begitu besar, dan juga katanya UI tuh salah satu atau bahkan merupakan PTN terbaik di Indonesia, dan banyak juga yg bilang masuk UI tuh susah apalagi kalau masuk lewat jalur SIMAK UI (Seleksi Masuk UI) karna kuotanya dibatesin banget, makanya karna alasan demikian aku jadi semakin tertantang buat masuk UI.

Berhubung karna aku siswi jurusan IPS, dan waktu kelas XII sempat terobsesi buat jadi Diplomat atau bekerja di Kementrian Luar Negri, jadinya waktu itu cukup pengen masuk jurusan Hubungan Internasional di UI, cuma seinget aku sih ya saat itu (mungkin sampai sekarang masih) jurusan HI di UI merupakan satu dari top five yang passing grade nya sangat tinggi dan susah banget buat lolosnya. Alhasil, berhubung karna aku sadar akan kapasitas diri sendiri, jadinya aku mengurungkan niat buat ambil HI, karna mikirnya udah pasti kalah saing sama anak-anak Jakarta yang notabene nya aku rasa lebih pinter dibanding aku huhu. Nah, kenapa pada akhirnya aku malah milih jurusan Sastra Rusia pas ujian Simak UI, hal ini karenaaaaaa, sebelumnya dikasih masukan sama seorang temen kalo ternyata lulusan sastra itu juga banyak yang bekerja di Kementrian Luar Negri, setiap tahunnya Kemenlu membutuhkan lulusan-lulusan yang bisa dan paham bahasa asing, terutama Bahasa yg digunakan oleh PBB, dan kebetulan bahasa Rusia sendiri merupakan satu dari enam bahasa resmi PBB, hal ini dikarenakan Rusia merupakan salah satu negara pemenang perang dunia II sehingga Rusia menjadi satu dari beberapa negara yang memilik hak Veto di PBB (cmiiw). Nah, jadilah akhirnya pas Simak UI, iseng-iseng berhadian aku milih jurusan sastra Rusia dan satu lagi milih jurusan Hukum, kenapa waktu itu milih Hukum juga, karena waktu itu kebetulan ada senior yang kuliah di FH UI (jadinya ikut-ikutan hehe), singkat cerita, berbekal tidak belajar semalaman, pagi-pagi kalo ga salah hari Sabtu di bulan April tahun 2010, aku ditemenin sama Mama buat ujian Simak UI, waktu itu ada buanyaaaak banget yg ikutan tes, itu baru di satu sekolah, belum lagi se-kota Padang, belum lagi yang ikutan Simak UI se-Indonesia huhu, waktu itu sih aku ikutan Simak UI lebih ke iseng-iseng berhadiah sih, karna udah tau bakal sesusah itu jadinya ya udah pasrah ajaaa, Sebulan setelah Simak UI diadakan, ternyata pengumuman kelulusan dimajuin 1 minggu, awalnya sempet males buat ngecek karna udah mikir pasti ga lolos, cuma ternyata Mama lebih excited dari aku, jadinya pagi-pagi langsung ngecek dan ternyata ada tulisan sbb:



Nah, jujur pas baca pengumuman rasanya seneng campur bingung sih, kenapa seneng, karna ya udah pasti ketrima di UI, kenapa bingung, karna ya ragu apa Sastra Rusia nanti lapangan pekerjaannya susah? karna walaupun Kemenlu menerima sarjana lulusan sastra, pasti rekruitmennya bakal susah banget kan, secara yang ikutan seleksi ribuan orang, disamping itu Sastra Rusia juga masih asing banget bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, walaupun jurusan ini sudah ada dari tahun 1960-an, namun dikarenakan peminatnya yang sedikit, jadinya orang-orang ga begitu mengenal jurusan ini, belum lagi stereotype orang-orang yang banyak bilang "jurusan sastra kan gak ada masa depannya"?, cuma ya omongan demikian ga selalu bener kok, mau kuliah jurusan apapun kan buat urusan kerjaan banyak banget orang-orang yang profesi dan latar belakang pendidikannya jauh beda atau cross major, begitu pun dengan jurusan Sastra (ini berdasarkan pengalaman pribadi setelah lulus kuliah soalnya, hehe). 

Selama 4,5 tahun kuliah di jurusan Sastra Rusia UI, banyak banget pengalaman seru dan ilmu yang didapat. Mata kuliah yang kami pelajari pun ga cuma yang berkaitan dengan bahasa doang, mungkin bagi sebagian besar orang kuliah sastra itu yg dipelajari cuma tentang puisi, prosa, syair, dan karya sastra lainnya, tapi nyatanya enggak kok hehe, di jurusan Sastra Rusia sendiri buanyak banget materi-materi yang kami pelajari selain ilmu kesusastraan itu sendiri, seperti; ilmu sejarah, ilmu sosial budaya dan kesenian, matkul mengenai pemerintahan Rusia dari zaman kekaisaran sampai terbentuknya federasi Rusia, ilmu linguistik yang rumitnya sama kaya matematika, dan juga mata kuliah Bahasa Rusia sendiri tentunya. 
Selama kuliah pun ada banyak sekali kesempatan langka yang aku capai, diantaranya; ketemu dan ngobrol sama Diplomat-diplomat dari beberapa negara Eropa Timur, organise event-event yang melibatkan kedubes-kedubes asing, diundang nyanyi oleh kedubes-kedubes negara-negara Eropa Timur di Jakarta untuk memeriahkan acara besar mereka, dan satu lagi kesempatan yang paling memorable dan merupakan achievement terbesar selama kuliah di Sastra Rusia UI yaitu berangkat langsung ke Moskwa Rusia untuk program pertukaran selama satu semester di Moscow State University :))))


Well, demikianlah cerita singkat kenapa Rany kuliah di jurusan sastra Rusia dan apa saja yang didapat selama kuliah di jurusan ini. Semoga bermanfaat bagi siapa pun yang membaca ya :)

Komentar

  1. waktu masuk sastra rusia sebelumnya udah bisa/ngerti bahasa rusia atau belum? saya mau masuk sastra rusia di ui tapi saya masih buta a.k.a blm tau bahasa rusia sama sekali. apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii, aku baru mulai belajar bahasa Rusia ketika perkuliahan dimulai, sebelumnya sama sekali ga tau bahasa Rusia itu seperti apa :)

      Hapus
    2. Kak ranyyyy... Haloo.. Cerita kakak sangat menginspirasi sekali.. Aku jadi bersemangat masuk FIB sastra Rusia. Doakan aku yaa kak:)

      Hapus
  2. kak. waktu masuk sastra ini tuh udah ada dasar pembelajaran nya atau masih buta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, waktu masuk jurusan sasrus aku sama sekali ga ada basic dan masih buta :)

      Hapus
  3. Kak, sekarang bekerja dimana? Sulit ga mendapat pekerjaan?

    BalasHapus
  4. Hai, terhitung sejak lulus kuliah aku bekerja kurang lebih 2 tahun sbg penterjemah bahasa Rusia. Kalau masalah pekerjaan, tergantung usaha dan rejeki sih hehe

    BalasHapus
  5. Kalau ada yang mau tanya2 lebih lanjut silakan add id line aku: raninovri. Thanks

    BalasHapus
  6. Kak boleh bagi idine ga? @rany

    BalasHapus
  7. Hai, dari beberapa chat yang masuk ke aku, ada sebagian yang menanyakan perihal biaya kuliah untuk jurusan sastra di UI per semesternya berapa dan uang masuknya berapa. Nah, kalau ada diantara teman-teman yang baca blog ini mau tanya mengenai hal tersebut, mungkin bisa menghubungi humas UI nya langsung untuk mendapatkan info yang lebih jelas. Thanks ;)

    Phone: +62 21 786 7222
    Email: humas-ui@ui.ac.id
    Twitter: @univ_indonesia

    BalasHapus
  8. YaAllah kak jalan ceritanya hampir mirip bgttt sama aku dari yg pengen ngambil HI di UI, tapi karna nyadar diri ahirnya aku iseng ngambil sasrus, yang alhamdulillah nya keterimaaaa hehehe beda nya aku di unpad😄. Makasi ya kak baca ini aku yg tadinya bingung dan gelisah jadi tenanggggg

    BalasHapus
  9. Kak masuk ke sastra rusia di ui susah ato gampang sii? Trs perlu bekal apa aja biar bisa keterima di sana?

    BalasHapus
  10. Orang orang yang lulus dari universitas di russia kebanyakan sombong sombong kaya anjing , walau ngga semuanya pengalaman gw aja ini mah waktu kepusat kebudayaan russia di jakarta, belagu karna lulusan dari luar negri

    BalasHapus
  11. jadi pengen ambil sastra rusia tapi harusnya udah dari 6 tahun yg lalu.. hu hu hu

    BalasHapus
  12. Wahhh.. kak itu beneran dapet program pertukaran pelajar ke rusia?? Apa semua temen kk yg jurusan sastra rusia dapet program pertukaran juga??

    BalasHapus
  13. Metode beljarnya gmna ka bisa paham bahasanya?? Terutama huruf2nya

    BalasHapus
  14. kak, rata rata temen baru di kelas waktu perkuliahan dimulai itu udah bisa basicnya belum? atau udah pada lancar bahasa rusia atau belum ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mostly belum ada basic sama sekali, kaya aku dulu belum ada knowledge sama sekali mengenai bahasa Rusia. Semangat!!!

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku baru tau yang begini. Yepp, kamu bisa bikin essay mengenai ketertarikan kamu akan bahasa Rusia, atau mengenai bahasa Rusia itu sendiri. Semangat!!!

      Hapus
  16. Jalur SIMAK itu seleksi nya pake UTBK yaa?

    BalasHapus
  17. Kaaak hehe id Line kaka masih yang dulu kah? Mau tanya2 soalnya

    BalasHapus
  18. masih kok..silakan, FYI karna masih banyak yang mengira aku masih kuliah atau baru lulus, silakan dibaca lagi ya keseluruhan isi blog-nya, kebetulan aku lulus pada awal tahun 2015. Jika ada yang bertanya mengenai bagaimana jurusan sastra Rusia mulai dari mata kuliah, kegiatan kemahasiswaan, program pertukaran dll, silakan :)

    BalasHapus
  19. Kak kalo boleh tau skrg kerja dimana ya? soalnya aku tahun depan minat sastra Rusia tapi di unpad kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang aku kerja di bidang Oil and Gas, tapi waktu baru lulus kuliah aku langsung bekerja sebagai penerjemah

      Hapus
  20. Kak, aku mau tanya. Aku berminat banget sastra rusia dari aku masih kelas 10. Kan aku baca blog kaka nih, sama liat2 juga dari orang2 yang masuk sasrus, linguistik tuh kayak mtk nya sastra. Aku kan jelek banget ya kak mtknya dari dulu, bakal kesusahan gasih disitu? Makasih kak. Mohon dijawab hehe😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Linguistik sama matematika adalah 2 hal yang berbeda, rumpunnya saja sudah berbeda. Tidak akan sulit jika memang diminati dan diikuti dengan sungguh-sungguh. Cheers :)

      Hapus
  21. Jurusan SMK bisa masuk nga yaa?

    BalasHapus
  22. Ka sekarang kaka kerja dimana?

    BalasHapus
  23. Halo Kak. Kalo untuk student exchangenya sendiri itu full ditanggung sama univ atau ada yang harus kita bayar ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, jaman aku dulu sih, untuk ongkos tiket pesawat dan biaya hidup selama disana ditanggung masing2, tapi biaya kuliah selama disana free, dan dikasih sedikit uang saku juga sama kampus sana.

      Hapus
  24. Haii kakk.. thanks for your blog, awalnya cmn iseng2 baca, dan skrg aku ktrima di sastar rusia UI 2020

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, congratsss. Поздравляю!!! Salam untuk dosen-dosen tersayang, Pak Banggas, Bu Riri, Bu Nia, dll :)

      Hapus
  25. Hai, selamat yaa, dijamin bakal betah belajar nya, salam buat semua dosen2 tercinta ya :) Udachi!!!

    BalasHapus
  26. Hai kak
    Sekarang kerja dimana dan jadi apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. awal bekerja sebagai penerjemah di bidang Oil & Gas. Kalau sekarang masih di bidang Oil & Gas tapi sbg Secretary

      Hapus
  27. Halo kak ! Saya mau tanya2 , boleh minta nomer wa atau apa gitu yang bisa buat ngobrol

    Plisss kak 😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, maaf baru liat, kalau ada yang mau ditanyakan, sila dm aku via IG aja ya @ranynovri. Semangat!!!

      Hapus
  28. Aku dari SMK akuntansi, mau daftar SNMPTN ke sasrus UNPAD, mungkin keterima gak ya? Soalnya aku dari SMK. Terus aku juga khawatir buat prospek kedepannya:)

    BalasHapus
  29. Hai, mungkin aja kok. Teman seangkatanku di Sasrus UI juga ada lulusan SMA. Mengenai prospek kedepannya, kalau kamu sudah yakin dan passion dengan jurusannya, seharusnya sudah tidak ragu lagi ya, karna setiap ilmu pasti ada manfaatnya :)

    BalasHapus

Posting Komentar